Thursday, October 30, 2014

Menjemput Rezeki


Assalamu'alaikum kawan-kawan semua..


alhamdulillah akhirnya ane bisa menulis di blog ini lagi setelah berbulan-bulan vakum... 
nulis enggak, mikirin juga enggak, bahkan ngelirik pun enggak juga..
mungkin kalau ini blog bisa ngomong pasti dia bakal bilang "gila lo, kemane aje..? dasar pemilik nggak bertanggung jawab!!" hhee... 
tapi untung die nggak bisa ngomong...

Untuk tulisan kali ini ane ambil dari pesan di grup whatsapp yang sayang kalau hanya disimpan di hp. Lebih bagus di-share disini, sekaligus hitung2 biar aktif lagi ni blognya... 
Temanya tentang "Menjemput Rezeki".. Penasaran kan?? 
Let's Check it out...


Ada 4 cara Allah memberi rezeki kepada makhluk-Nya :
1.       Rezeki tingkat pertama (yang dijamin oleh Allah)
Allah berfirman : “Tidak suatu binatangpun (termasuk manusia) yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin oleh Allah rezekinya.” (QS 11:6). 
Artinya Allah akan memberikan kesehatan, makan, minum utk seluruh makhluk hidup di dunia ini.



Ingat, untuk seluruh makhluk. Mulai dari tumbuhan-tumbuhan (udah nggak penasaran kan mengapa kaktus yang ada di padang pasir itu bisa tumbuh, padahal nggak ada air sama sekali disana), hewan-hewan, manusia, bahkan plankton yang kecil itu pun sudah Allah tentukan rezekinya. Ini adalah rezeki dasar yang terendah.



2.       Rezeki tingkat kedua (diberikan sesuai kadar kesungguhannya)
“Tidaklah manusia mendapat apa2 kecuali apa yang telah dikerjakannya” (QS 53:39). 

Allah akan memberikan rezeki sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Jika ia bekerja dua jam, dapatlah hasil yang dua jam. Jika kerja lebih lama, lebih rajin, lebih berilmu, lebih bersungguh-sungguh maka hasil yang didapatkan juga lebih banyak. Tidak pandang dia itu muslim atau kafir


3.       Rezeki tingkat ketiga (selalu ditambahkan untuk orang-orang yang pandai bersyukur)
“….. sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu. Dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) sesungguhnya azab Ku sangat pedih.” (QS 14:7). 

Inilah rezeki yang disayang Allah. Orang2 yang pandai bersyukur akan dapat merasakan kasih saying Allah dan mendapat rezeki yang lebih banyak. Itulah janji Allah! Orang yang pandai bersyukurlah yang dapat hidup bahagia, sejahtera dan tentram. Usahanya akan sangat sukses, karena Allah tambahkan selalu. Semoga kita bisa menjadi pribadi yang pandai bersyukur. Aamiin...



4.       Rezeki tingkat empat (untuk orang-orang yang beriman dan bertakwa)
“…… barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki-Nya). Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap2 sesuatu.” (QS At Thalaq : 2-3).

Peringkat rezeki yang ke empat ini adalah rezeki yang istimewa, tidak semua orang bisa meraihnya. Orang istimewa ini (muttaqin) adalah orang yang benar2 dicintai dan dipercaya oleh Allah untuk memakmurkan mengatur kekayaan Allah di bumi ini.


So, kata kunci agar rezeki kita selalu melimpah adalah selalu bersungguh-sungguh, pandai bersyukur, lalu selalu menjaga iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Insya Allah jika kita melakukan 3 hal itu, Allah akan selalu melimpahkan rezeki yang banyak kepada kita. Aamiin..

Wallahu a’lam.


Selamat Menjemput Rezeki…. :D

0 comments:

Post a Comment